Rambah Ke Dunia Pendidikan, Kadin Sultra Jalin Kerja Sama Dengan Dikbud Sultra Gali Potensi Karya Siswa “” Seragam dan Pakaian Siswa “”

News385 views

Kendari, Lumbung Suara Indonesia.com
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menjalin kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sultra dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menyukseskan program merdeka belajar.

Salah satu program merdeka belajar yang telah digagas yakni melalui launching hasil karya seragam dan pakaian hasil karya siswa SMK di Sultra.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MOU di salah satu hotel di Kota Kendari, Rabu (10/5/2023).

Kepala Dikbud Sultra Yusmin menuturkan dari hasil kunjungannya dibeberapa daerah, dirinya melihat siswa-siswi SMK sangat kreatif.

Menurutnya, kreativitas ini tidak boleh hanya sampai di sekolah, namun harus diaplikasikan hingga bermanfaat dan bernilai bagi dirinya serta masyarakat lain.

Baca Juga:  IR RIDWAN, BAE.

“Kita mulai dari seragam karena ini kebutuhan dasar. Jumlah siswa kita sebanyak 120 ribu dengan kebutuhan 1 siswa 5 seragam, jika dikelolah dengan baik khususnya SMK jurusan tata busana, ini sangat luar biasa,” ujar Yusmin.

“Saya periksa sendiri, peralatan SMK khususnya mesin jahit itu sangat luar biasa. Kita saksikan hasilnya, kita menjadi bangga dan kita akan libatkan UMKM-UMKM sehingga nanti para siswa ini dapat menjadi wirausaha,” tambahnya.

Yusmin mengatakan pihaknya melibatkan UMKM agar dapat berkolaborasi dengan siswa dalam menghasilkan dan memenuhi seragam susuai kebutuhan nantinya.

Baca Juga:  Yudhianto Mahardika Sebagai Kader Gerindra Jadi Prioritas Untuk di Usung Calon Walikota Kendari.

“Jadi tidak menutup kemungkinan bukan hanya seragam SMA atau SMK, namun seragam SD dan SMP juga melalui kebijakan Bupati yang sengaja kami undang untuk menyaksikan hasil karya anak-anak kita,” ungkapnya.

Selain UMKM, lanjut Yusmin mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Kadin Sultra dalam menyukseskan program ini.

Pasalnya, melalui Kadin Sultra dukungan didapatkan bagi kepala-kepala sekolah diantaranya modal usaha.

“Ini pertama kali di Indonesia. Sudah disampaikan di Sumatera diketahui baru disosialisasikan, namun kita sudah melaksanakannya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, wakil ketua umum Kadin Sultra bidang pasar modal Sastra Alamsyah menuturkan pihaknya akan berperan aktif dalam menyukseskan program ini.

Baca Juga:  Forum Tapak Kuda Bersatu Sultra, Gelar Silaturrahmi dengan Kasubdit IV Intelkam Polda Sultra dan Insan Pers.

Ia membeberkan peran Kadin Sultra yakni dalam hal edukasi, market atau pemasaran serta bahan baku pembuatan seragam.

“Kadin akan berperan aktif membantu anak-anak kita di SMK ini, Bisa menjadi bapak angkat atau asuh, bersinergi mengembangkan potensi dari anak-anak kita ini,” ujarnya.

Dari segi pemasaran, Sastra mengatakan pihaknya akan membantu menyerap produk-produk yang akan dihasilkan oleh siswa SMK tersebut.

“Target bulan depan sudah mulai jalan. Kami akan terus bersinergi terutama dari segi edukasi, pemasaran dan modal,” tutupnya.

Editor : @R..

. . . . . ' . . . . . . . . . . . . . . . .

Komentar