Di Acara Halal Bihalal Masyarakat Muna, Presiden PMMI La Ode Riago Gelorakan KASEISEHA di Hadapan Massa Masyarakat Muna.

News229 views

Kendari, lumbungsaraindonesia.com
Acara Halal Bihal oleh Umat Islam yang ada di Indonesia merupakan kegiatan rutin Keagamaan, hal itu diselenggarakan setelah Hari Raya Idul Fitri dengan intisari untuk merajut dan mempererat talisilaturrahim antar sesama.

Begitu juga halnya dengan Masyarakat Muna yang ada di Kota Kendari yang pada tahun ini menyelenggarakan Halal Bihalal di lapangan Benu-Benua, Kota Kendari atas inisiatif PJ. Walikota Kendari, Sabtu, 20/4/2024.

Di acara Halal Bihal ini, La Ode Riago sebagai Putra asli Muna dan sebagai Presiden Persatuan Masyarakat Muna Indonesia (PMMI) paham betul dengan Pedoman dan Falsafah indah tentang Pandangan hidup Orang Muna yang diajarkan oleh leluhur dan tokoh Masyarakat Muna dulu yang sampai saat ini masih melekat dan dipegang kuat oleh Masyarakat Muna ” Falsafah dan Pandangan hidup tersebut adalah ” Pomasigho, Pangka-angka tau, Poadha-adhati dalam artian ” saling menyayangi, tenggang rasa, saling menghormati sesama tanpa pandang buluh, dan saling menghargai.

Baca Juga:  DPW LSM LIRA Bakal Mengadukan BPBD dan Dinas Kesehatan Prov. Sultra Terkait Anggaran Penanganan Covid 19 Tahun 2020

Hal tersebut selaras dengan yang disampaikannya dihadapan Massa Masyarakat Muna saat di wawancarai oleh para Wartawan, yang mengataan bahwa Masyarakat Muna hars terus memupuk Filosofi KASEISEHA, dengan makna Seise, Semie, Sepughu, ( Satu Kesatuan yang utuh) dimana jiwa Kaseiha tetap di pelihara, tuturnya.

Di sisi lain, La Ode Riago mengaku sangat bahagia dengan terselenggaranya acara Halal Bihalal Masyarakat Muna kali ini.

Baca Juga:  Pelaku Usaha UMKM Kota Kendari Raup Keuntungan Besar Efek dari Konser Band SLANK.

Bahwa, kata Laode Riago, dalam kegiatan Halal Bihalal masyarakat Muna yang dilaksanakan di Lapangan Benua-benua, Kota Kendari, PMMI turut berpartisipasi dengan menyumbangkan 100 buah talam yang berisi aneka makanan khas Muna dan hidangan makanan lainnya.

Secara prinsip, tambah La Ode Riago, PMMI merupakan sebuah organisasi yang menyatukan masyarakat Muna bukan hanya di Kendari tapi di seluruh dunia yang bertujuan mengangkat budaya, adat istiadat termasuk kita akan mendata semua masyarakat Muna di Indonesia maupun yang berada diluar Indonesia.

Baca Juga:  Di Sela Pembekalan Caleg Partai Ummat Sultra, Amien Rais tetap Sentil Rezim saat ini yang Kangkangi Demokrasi.

“Harapannya, kita senantiasa meneguhkan semangat untuk saling menyayangi, mengasihi dan saling membesarkan,” diakhir penuturannya.

Untuk diketahui bahw, Acara Halal Bihalal ini dihadiri La Ode Riago selaku Presiden PMMI serta tokoh Masyarakat lain yakni La Ode Rifai Pedansa sebagai sesepuh Madyarakat Muna, Prof. Machmud Hamundu, Prof. La Ode Rauf, Ir. Ridwan Bae, Muh. Saleh Kakaanwil Depag Sultra, Prof. Dr. Husein Unsawan Rektor IAIN, Rektor Unsultra Prof.Dr Andi Bachrun dan masih banyak tokoh Masarakat Sultra yang turut hadir.

**LM@**

. . ' . . . . . . . . . . . . . . . .

Komentar