Kamar Dagang dan Industri Indonesia Kota Kendari Gelar Musyawarah Kota III di Aula Mepokooaha Balai Kota Kendari.14 September 2023.

News98 views

Kendari,lumbungsuaraindonesia.com
Ketua Umum Bidang Pengembangan Kawasan Industri Kadin Sultra, Yudhianto Mahardika mengatakan bahwa pihaknya meminta agar pengurus Kadin Kendari melaksanakan program pembinaan dan pendampingan kepada pelaku UMKM.

Kata Yudhi, program tersebut mengacu pada program kerja Kadin Provinsi seperti pembinaan dan pendampingan khusus kepada UMKM dalam mengakses pembiayaan dan pemasaran.

“Program itu mengacu dengan program kerja Kadin Provinsi, misalnya pembinaan kepada pelaku UMKM, pendampingan dalam mengakses program pemerintah,” ujarnya.

Selanjutnya, anggota DPRD Sultra ini mengimbau agar pengurus Kadin Kendari dapat mengidentifikasi berbagai permasalahan, solusi alternatif kepada pemerintah untuk memberdayakan dunia usaha.

Baca Juga:  Manton Minta KPK RI Menindaklanjuti Laporan DPD GSPI Sultra Perihal Gedung Asrama Haji dan Jalan Lingkar Kota Kendari Sultra , Lumbung Suara Indonesia.com Revitalisasi pembangunan Gedung Asrama Haji Kota Kendari yang diduga Mangkrak kini terus menjadi perbincangan hangat oleh masyarakat luas maupun para aktivis Sulawesi Tenggara. Salah satunya yang disuarakan oleh Jaringan Nasional Mahasiswa Merdeka (JARNAS MM) pada Rabu, 05/04/2023, didepan Gedung Merah Putih KPK RI. Menanggapi hal tersebut, DPD GSPI Sultra, melalui Manton selaku Ketua Bidang Humas itu kembali mengingatkan pihak KPK RI agar segera menindaklanjuti laporan DPD GSPI Sultra yang di masukan ke KPK RI pada tanggal 20/03/2023 lalu, dengan Nomor 304.47/LP/DPD GSPI-SULTRA/III/2023, Terkait Gedung Asrama Haji yang Diduga Mangkrak dan paket pekerjaan lainnya. Rabu, 05/04/2023. Selain itu kata Manton, Pihaknya juga meminta kepada KPK RI agar memproses Laporan DPD GSPI Sultra, dengan Nomor 304.47/LP/DPD GSPI-SULTRA/III/2023, perihal "Pembangunan Jalan Lingkar Kota Kendari dengan Anggaran kurang lebih Rp. 69 Miliar. Meski demikian, Pihak Direktorat Pelayanan Laporan dan Pengaduan Masyarakat telah menanggapi laporan DPD GSPI Sultra melalui via WhatsAppnya yang bertuliskan, sebagai berikut : Yth. Pelapor Berdasarkan pengecekan kami, laporan Saudara sedang dalam proses verifikasi oleh petugas kami. Apabila telah selesai akan diberikan tanggapan melalui surat atau telepon kepada alamat/nomor kontak terlampir. Salam, Direktorat Pelayanan Laporan dan Pengaduan Masyarakat KPK Demikian bunyi WhatsApp tersebut pada tanggal 27/03/2023 lalu. "Kami berharap, agar KPK RI segera memanggil dan memeriksa Kepala BPJN Sultra, Satker, PPK dan Pihak Kontraktor serta oknum - oknum yang diduga terlibat didalamnya, ini khusus laporan kami soal Pembangunan Jalan Lingkar Kota Kendari dengan anggaran sebesar Rp. 69 Miliar kurang lebih. Dan juga terkait Gedung Asrama Haji agar segera dilakukan pemanggilan dan pemeriksaan lebih lanjut," Harap Manton.

Yudhi menjelaskan, Kadin adalah mitra pemerintah, tentunya Kadin Kendari juga harus membuka komunikasi dan kerjasama dengan berbagai pihak. Pada 2021 lalu Kadin Sultra melakukan penandatanganan kerjasama diberbagai instansi dengan tujuan untuk mengoptimalkan dunia usaha melalui berbagai akses kerjasama yang saling mendukung.

“Kadin Sultra juga telah melakukan kerjasama misi dagang dan investasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan Jawa Timur dengan realisasi perdagangan lebih dari Rp300 Miliar,”

Kata ia, Kadin bukanlah organisasi politik, afiliasi atau bagian dari organisasi politik, tetapi Kadin perlu menjalin persahabatan dengan teman politisi dalam rangka penguatan untuk menyampaikan berbagai usulan konstruktif melalui DPRD yang akan merumuskan berbagai kebijakan pengembangan dunia usaha bersama pemerintah.

Baca Juga:  Setiap Tahun Kastor Kota Kendari Rutin Gelar Perayaan Natal.

“Dalam penyampaian aspirasi kadin ke pemerintah maupun legislatif, hendaknya dilakukan dengan cara elegan, mengutamakan subtansi dialog yang konstrukti dan terukur,” imbuhnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, dalam membangun suatu bangsa diperlukan kolaborasi dengan berbagai pihak seperti kadin dalam hal ini perhimpunan para pengusaha.

“Terimakasih kepada Kadin Sultra dan Kadin Kendari yang telah menjadi mitra bagi pemerintah Kota yang turut membangun Kota Kendari,”

Baca Juga:  *LAKI Sultra Audiens Dengan Polres Kolaka Perihal Mafia Ilegal Mining di Pulau Maniang*

Asmawa menuturkan, dengan dilaksanakannya pasar murah, bahwa hal tersebut membantu pemerintah dalam mengendalikan inflasi.

“Tidak hanya untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan tetapi juga membantu pemerintah dalam mengendalikan inflasi,” tuturnya.

Untuk itu, Asmawa berharap Kadin tidak hanya mengedepankan misi dagang dan investasi tetapi juga misi sosial dan membangun ekonomi masyarakat perlu menjadi perhatian.

Komentar